Latest News

Selasa, 08 Oktober 2019

Cara Update Windows 10 Terbaru Agar PC Selalu Aman

Mengupdate atau memperbarui sistem operasi yang digunakan PC atau laptop merupakan cara yang mudah dan efektif untuk memastikan performa perangkat kalian tetap prima.

Jika kalian menggunakan sistem operasi Windows 10, setiap update terbaru pasti membawa sejumlah fitur anyar, memperbaiki bug yang ada dan yang paling penting security patches atau penambal keamanan.

Windows 10 sendiri merupakan sistem operasi terbaru garapan Microsoft yang dirilis pada tahun 2015. Saat ini versi terbarunya adalah versi 1903 yang diperkenalkan pada Mei 2019 lalu.

Untungnya, Windows memiliki fitur yang bisa mengecek dan menginstal update secara otomatis. Tapi ada kalanya kalian ingin mengecek dan update Windows 10 secara manual, misalnya ketika ada security patch anyar atau baru saja menghadapi bug.


Tips Windows 10


Berikut cara update Windows 10 secara manual yang bisa kalian coba untuk menjamin sistem operasi kalian selalu up-to-date:

1. Klik tombol Start atau Windows yang ada di sisi kiri bawah layar.

2. Buka menu Settings atau pengaturan yang ditandai dengan ikon roda gigi.

3. Setelah masuk menu Settings, klik opsi Update & Security.

4. Klik opsi Windows Update yang ada di sidebar sebelah kiri.

5. Klik Check for Updates, jika perangkat kalian memang menerima update baru, update tersebut akan secara otomatis diunduh.


Setelah update selesai diunduh kalian masih harus me-restart PC atau laptop terlebih dahulu untuk menyelesaikan proses instalasi. Jika sedang tidak sibuk mengerjakan sesuatu, kalian tentu bisa langsung me-restart perangkat saat itu juga.

Tapi proses instalasi ini kadang memakan waktu yang cukup lama. Jika kalian sedang sibuk dan tidak ingin menunda pekerjaan hanya untuk menunggu proses instalasi, kalian bisa menjadwalkan restart agar dilakukan secara otomatis setelah pekerjaan kalian selesai.

Berikut cara untuk menjadwalkan instalasi update Windows 10:

1. Dari halaman Windows Updates yang sebelumnya telah dibuka, klik tombol 'Schedule the Restart yang ada di sebelah tombol 'Restart Now'.

2. Setelah itu halaman penjadwalan akan terbuka. Klik slider 'Schedule a time' hingga indikator berubah warna menjadi baru dan muncul tulisan On.

3. Setelah itu akan ada opsi untuk memilih waktu yang diinginkan untuk menjalankan restart. Pilih tanggal dan jam yang diinginkan dan setelah selesai klik tanda centang di bagian bawah.

Patut diingat cara update Windows 10 manual di atas berlaku untuk semua varian, yaitu Windows 10 Home, Windows 10 Pro 32 dan 64 Bit, Windows 10 Pro Education, Windows 10 Education, dan Windows 10 Enterprise.

sumber : https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-4732641/cara-update-windows-10-terbaru-agar-pc-selalu-aman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

About FAN-TECH

Hanya sebuah blog yang dibuat untuk menuntaskan mata kuliah Web Service. Tapi mungkin kalau nanti ada waktu, bakal diurus terus blog ini kedepannya. Ngeblog asik sih, asiknya tuh pas ngedit terus ada perubahan yang diinginkan. Cuma untuk kontennya yaaa~ saya pribadi kurang begitu pintar untuk menulis konten. Untuk itu dimaklumi saja apabila konten didalam blog ini cuma copas xD