Latest News

Minggu, 20 Oktober 2019

8 Tips dan Cara Membuat Tulisan dan Artikel Berkualitas

Bagi setiap blogger yang notabenya juga seorang penulis, membuat tulisan dan artikel yang berkualitas merupakan hal yang harus dilakukan. Memang tidak mudah menulis sebuah artikel yang memiliki kualitas tinggi hingga orang atau pengunjung blog Anda tertarik membacanya. Akan tetapi ketika kita mampu membuat tulisan berkualits dalam sebuah artikel, maka dampak positif yang pasti Anda dapatkan adalah blog atau website Anda akan memiliki banyak pengunjung.

Secara tidak kita sadari, menulis artikel jika ditinjau dari segi seo, tulisan merupakan hal terpenting dalam optimasi seo on page. Karena yang menjadi salah satu dalam peninjauan google untuk menempatkan sebuah halaman pada utrutan teratas di serp adalah kualitas konten atau artikel yang sesuai dengan standar dan penilaian google.


Cara Membuat Tulisan dan Artikel Berkualitas


Seperti yang telah sampaikan di atas, salah satu cara dalam menarik serta meningkatkan pengunjung blog atau website Anda adalah dengan menulis artikel yang informatif, edukatif dan sebagainya. Ada banyak variasi mengenai kriteria tulisan yang baik, karena tergantung dengan jenis tulisan itu sendiri, apakah fiksi atau non-fiksi, ilmiah atau populer, roman atau bukan, dan sebagainya. Berikut ini akan saya sajikan beberapa tips dan caranya seperti yang dapat Anda baca di bawah ini.



tips blogging

Terkait dengan hal ini, kami coba berikan beberapa tips yang bersifat umum agar tulisan kita berkualitas. Tips yang kami berikan di bawah ini adalah tips untuk tulisan artikel bukan untuk tulisan berita. Tips tersebut antara lain:

  1. Tulisan mengungkapkan hal-hal baru. Untuk itu gunakanlah fasilitas pencarian (searching), kata kunci, maupun topik, yang tersedia pada situs dakwatuna, untuk memeriksa apakah ide pada tulisan yang ingin kita susun merupakan ide yang sudah pernah dituangkan oleh orang lain atau belum. Fasilitas-fasilitas tersebut juga bisa Anda gunakan untuk mengembangkan ide-ide atau pemikiran yang sudah ada.
  2. Tulisan benar dan lengkap. Tulisan jangan terlalu mengedepankan sensasi, tapi juga harus mengandung unsur kebenaran, lengkap, dan sesuai fakta (faktual).
  3. Tulisan merupakan pendapat atau ide orisinal. Tulisan harus mengandung pokok pikiran yang jelas. Tulisan merupakan pendapat orisinil dari penulis. Apabila ada pemikiran atau ide orang lain dalam tulisan, sebutkanlah nama orang tersebut atau sumbernya.
  4. Tulisan menggugah. Tulisan mengandung inspirasi, mengajak hal-hal positif, dan memperbaiki akhlak pembacanya.
  5. Tulisan mengandung topik yang istimewa atau terkait dengan kepentingan orang banyak.
  6. Tulisan menyangkut peristiwa besar sehingga berpotensi untuk dibaca.
  7. Tulisan menyangkut orang ternama, sehingga mengundang orang untuk membaca tulisan Anda.
  8. Tulisan menggunakan bahasa yang bagus. Selain itu tulisan memperhatikan teknis kepenulisan yang baik, seperti memperhatikan EYD (Ejaan yang Disempurnakan), menggunakan kata atau istilah yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dan tubuh paragraf tidak terlalu gemuk yang membuat lelah pembacanya.
Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat.

Sumber : https://superblogpedia.blogspot.com/2014/06/8-tips-dan-cara-membuat-tulisan-dan-artikel-berkualitas.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

About FAN-TECH

Hanya sebuah blog yang dibuat untuk menuntaskan mata kuliah Web Service. Tapi mungkin kalau nanti ada waktu, bakal diurus terus blog ini kedepannya. Ngeblog asik sih, asiknya tuh pas ngedit terus ada perubahan yang diinginkan. Cuma untuk kontennya yaaa~ saya pribadi kurang begitu pintar untuk menulis konten. Untuk itu dimaklumi saja apabila konten didalam blog ini cuma copas xD